Tapak Tilas Kamadjaja Logistics: Dari Ende Mendunia

β€œJangan pernah lupakan siapa dirimu dan darimana kamu berasal, karena dari sanalah kamu menemukan bagian dari dirimu yang memberikan kekuatan dan kedamaian.”

Perjalanan panjang Kamadjaja Logistics sebagai salah satu pioner dalam bidang logistik di Indonesia mengakar kuat pada Kota Ende, kota kelahiran Bapak Hura Kamadjaja, pendiri Kamadjaja Logistics 50 tahun silam. Dalam euforia memperingati ulang tahun yang ke 50, tahun ini kami berkesempatan untuk menapak tilas perjalanan kami kembali ke Kota Ende, kota yang terkenal dengan sebutan Kota Pelabuhan, Kota Pendidikan, dan Kota Pancasila.

Ende, Kota Pelabuhan – Karena letaknya yang strategis di pesisir selatan Pulau Flores, NTT, Kota Ende memiliki 2 pelabuhan yang berfungsi untuk menopang arus logistik dari dan keluar Ende. Barang-barang perdagangan yang keluar-masuk Ende melalui pelabuhan-lah yang menopang pertumbuhan ekonomi di Ende dan Flores secara keseluruhan. Banyak menghabiskan masa kecilnya di atas jembatan dekat dengan Pelabuhan Ende, diam-diam rasa cinta Hura Kamadjaja terhadap aktivitas logistik pun timbul. Dengan begitu banyaknya barang yang datang dan pergi, aktivitas pelayaran tiada henti, dan cerita-cerita seru yang selalu ada dan dibagikan oleh para pedagang yang berdatangan di Pelabuhan Ende, membuat Hura Kamadjaja membulatkan tekadnya untuk berlayar dengan kapal, berpetualang sembari mengamati kehidupan asing diluar tanah kelahirannya. Semakin berlayar, semakin besar rasa cinta Hura Kamadjaja terhadap proses logistik dan pengiriman barang melalui laut. Dirinya sadar akan betapa besarnya wilayah negerinya, Indonesia, yang dihubungkan oleh lautan luas. Dengan berdirinya Kamadjaja Logistics, tekad Hura Kamadjaja semakin bulat untuk melakukan pengiriman keseluruh titik di Indonesia, membawa berkah dalam bentuk barang dan cerita ke seluruh pelosok Indonesia, tanpa melupakan kota asalnya, Kota Ende sang Kota Pelabuhan di Flores, Nusa Tenggara Timur.

Ende, Kota Pendidikan – Kota Ende merupakan β€œrumah” bagi para pelajar di Pulau Flores dan sekitarnya. Hal ini dikarenakan Kota Ende memiliki banyak sekolah dan universitas berkualitas tinggi, salah satu diantaranya adalah Universitas Flores. Para pelajar dari daerah sekitar Nusa Tenggara Timur datang untuk belajar dan saling berbagi ilmu pengetahuan. Tanpa disadari, kedatangan para pelajar dari berbagai daerah mendongkrak perekonomian Kota Ende, dan juga memperkaya budaya di kota yang terkenal dengan semangat gotong-royongnya ini. Sejalan dengan misi untuk membangun Ende, Kamadjaja Logistics berkesempatan untuk membantu kegiatan pembelajaran dan pendidikan dengan menandatangani MoU dengan Universitas Flores. Kamadjaja Logistics juga mendapatkan kesempatan untuk berbagi alat-alat sekolah dan media bantu untuk pendidikan dini, khususnya untuk SD Katolik 3 Ende. Kamadjaja Logistics yakin bahwa pendidikan adalah senjata yang dapat merubah dunia. Bila diberikan senjata dan kesempatan yang tepat, maka kedepannya anak-anak terdidik dari Flores dapat membawa Indonesia bahkan dunia menuju masa depan yang lebih baik.

Ende, Kota Pancasila – Bukan hanya Kamadjaja Logistics yang memiliki akar mendalam di Kota Ende, tetapi Indonesia juga memiliki sejarah yang bersimpul di Kota Ende. Hal ini tak lain karena Kota Ende adalah tempat perasingan bagi Presiden Soekarno pada tahun 1934 dimana beliau mencetuskan ideologi dasar Negara Republik Indonesia, Pancasila. Dalam renungannya, Presiden Soekarno dimasa itu banyak belajar dari filosofi masyarakat Ende yang dianggapnya sebagai miniatur bangsa Indonesia. Masyarakat Ende dikenal sebagai masyarakat yang memiliki beragam suku dan budaya namun mereka selalu berhasil untuk saling membantu dan bergotong-royong, sehingga menciptakan suasana yang selalu terbuka dan ramah terhadap pendatang baru. Sama seperti Ende, Indonesia juga terdiri dari ribuan suku dan budaya yang saling melengkapi dan menghormati, hingga menciptakan suatu pedoman Bhineka Tunggal Ika yang begitu indah. Pada kunjungan Kamadjaja Logistics ke Ende, tidak lupa juga kami berkunjung ke Museum Rumah Soekarno untuk kembali merenungkan nilai-nilai yang ditanamkan Presiden Soekarno untuk menciptakan satu Negara Republik Indonesia yang begitu beragam namun tetap bersatu.

Kami bersyukur untuk kesempatan menapak tilas Kamadjaja Logistics kembali ke Kota Ende. Kiranya nilai-nilai dasar dari tempat asal kami yang tertanam kuat sebagai core values dapat membawa Kamadjaja Logistics menapak masa depan dengan mantap. Tidak lupa dengan akarnya, Kamadjaja Logistics juga berharap dapat semakin membagikan nilai positif bagi masyarakat Indonesia, terlebih untuk Kota Ende di masa depan.